RennyDiary

April 18, 2007

Bahasa yang Salah Kaprah

Filed under: Suka-Suka — by rennygraciani @ 7:30 am

Udah dari hari sabtu kemaren, gue sama temen gue yang tidak mau di sebutkan namanya Harlie menemukan kejanggalan dalam penggunaan bahasa. Hal ini berawal dari salah seorang teman kami yang namanya juga ngga mau di sebutkan Dede membeli motor secara cicil. Dede yang baru saja diangkat menjadi pegawai pada satu lembaga tinggi negara membeli motor secara cicil.

Pada saat di tanya-tanya terungkaplah keganjilan tersebut. Dede bilang untuk motornya dia telah membayar “Uang Muka” sebanyak Rp.4,500,000. Gue sama Harlie saling terdiam dan bertanya-tanya. Katanya mau beli motor cicilan tapi kok sombong banget keluar uang Rp.4,500,000 untuk muka. Padahal kalau gue liat-liat ya, udah keluar uang Rp.4,500,000 mukanya Dede masih gitu-gitu doang. Ini kan namanya mubazir. Uang sebanyak itu ya mendingan di pakai untuk bayar cicilan motor dong. 

Kemudian datang lagi istilah bahasa indonesia yang membuat gue sama Harlie tambah bingung. Istilah ini juga di dengar oleh Dede yang telah “agak sadar” bahwa dia telah keliru menghabiskan uang Rp.4,500,000 untuk muka. Suami Harlie cerita-cerita mengenai suatu project yang seharusnya uangnya itu “Dibayar di muka”. Gue sampe geleng-geleng. Ngga sopan amat itu yang bayar. Masa bayar orang di mukanya. setau gue ya kalau kita bekerja, pembayarannya itu di bayar di tangan kita. Uangnya di serahkan langsung di tangan. bukannya di muka. Kalau mau lebih sopan ya uangnya di masukin di amplop baru di kasih ke kita. kebayang ngga kalau kita nerima pembayaran di muka kita. Apa bukan menghina itu namanya. Dan gue rasa juga ngga sopan.

Demikianlah sekilas kebingungan gue sama harlie yang hingga kini belum terjawab.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

